Aqua Life: Inovasi Botol Plastik Daur Ulang, Kontribusi Aqua pada Keberlanjutan Lingkungan


Isu lingkungan, terutama semakin banyaknya sampah plastik, menjadi perhatian baik pada tingkat nasional maupun internasional. Menurut data dari National Plastic Action Partnership, terdapat 6,8 juta ton sampah plastik pada tahun 2020 dan diperkirakan volumenya akan terus bertumbuh sebesar 5% setiap tahunnya. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya dari seluruh pihak untuk berkontribusi mengatasi permasalahan ini, yang juga selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dan nomor 14 menjaga ekosistem laut.

PT Tirta Investama (Danone-Aqua), sebagai salah satu aktor di sektor privat, berkomitmen untuk membuat seluruh kemasan plastiknya dapat didaur ulang 100% dan meningkatkan proporsi plastik daur ulang di botol produknya sebesar 50% pada tahun 2025. Komitmen ini diwujudkan oleh Danone-Aqua dalam gerakan #BijakBerplastik untuk melaksanakan upayanya mengatasi permasalahan sampah plastik, salah satunya dengan inovasi botol yang menggunakan plastik daur ulang yang dinamakan Aqua Life.

Inovasi ini bukan berarti menggunakan kembali botol plastik bekas, melainkan botol plastik bekas dari berbagai merek yang diproses ulang. Proses tersebut meliputi botol yang dipilah, dicuci, dicacah, dan diolah menjadi material pellet yang menjadi bahan baku Aqua 100% Recycled.

Untuk menyukseskan upaya ini, tidak mungkin hanya dilakukan oleh perusahaan sendiri. Oleh karena itu, Danone-Aqua menjalin kerja sama dengan berbagai mitra dan asosiasi, seperti pemerintah, LSM, universitas, Packaging Recycling Alliance for Indonesia Sustainable Environment (PRAISE), ADUPI, dan H&M.

Harapannya, upaya ini dapat menjaga kekayaan keanekaragaman hayati, sumber daya alam, dan keberlanjutan lingkungan serta meningkatkan kualitas sosial dan ekonomi masyarakat, selaras dengan pencapaian SDGs.

Sumber:

https://www.sehataqua.co.id/aqua-life-perwujudan-inovasi-kemasan-botol-daur-ulang-dari-aqua/

https://wri-indonesia.org/id/our-work/project/indonesia-national-plastic-action-partnership-npap

Share article

Tags

Hana Ghaliyah