Mendorong Pembangunan Berkelanjutan melalui Green Lifestyle


Hai, OlahTalks hadir kembali pada tanggal 10 April 2021 dengan mengangkat tema “Green Lifestyle dalam Menunjang Sustainable Business” dengan narasumber Indah Budiani sebagai Executive Director Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) dan Fadhil Akbar Kurniawan sebagai Sustainability Partnerships Manager PT Cargill Indonesia.

Green lifestyle merupakan gaya hidup ramah lingkungan yang tidak hanya diterapkan dalam kehidupan pribadi, tetapi juga dalam bisnis. Tujuannya, agar bisnis dapat berjalan secara berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan perusahaan sendiri. Bisnis yang berkelanjutan atau sustainable business tercakup dalam konsep Five Bottom Line, yaitu planet, people, prosperity, peace dan partnership. Terdapat 4 manfaat utama sustainable business bagi perusahaan, yaitu peningkatan pendapatan, penurunan biaya, penurunan risiko, dan peningkatan nilai brand.

Sustainable business dapat diwujudkan melalui praktik CSR maupun creating shared value (CSV) yang selaras dengan SDGs. Dengan berpedoman pada SDGs, perusahaan dapat mengatasi tantangan, membuka peluang pasar, meningkatkan manajemen risiko, beroperasi pada masyarakat yang siap, dan berperan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

IBCSD, sebagai asosiasi dari 42 perusahaan di Indonesia yang berkomitmen untuk mendorong pembangunan berkelanjutan, memiliki 6 program utama yang meliputi food and nature, people, climate energy, SDGs working group, circular economy, dan redefining value. Salah satu program utamanya, Green Lifestyle bertujuan untuk memfasilitasi proses koordinasi yang inklusif dari berbagai aktor dalam aksi sustainable consumption and production (SCP) yang selaras dengan SDGs nomor 12.

Salah satu perusahaan yang menjalankan sustainable business adalah PT Cargill Indonesia, pada bidang kakao dan cokelat, mewujudkannya dalam praktik CSV, yaitu do good pada profit dan do well pada penyelesaian masalah sosial serta lingkungan yang berkaitan langsung dengan core business. Setiap sektor industri memiliki caranya sendiri dalam menjalankan sustainable business, sebagai perusahaan B2B, PT Cargill menjalankan programnya pada tingkat petani, komunitas, lingkungan, dan bekerja sama dengan perusahaan B2C agar konsumen juga mendapatkan nilai lebih.

Program The Cargill Cocoa Promise meliputi peningkatan kapasitas dan akses sumber daya pada komunitas, profesionalisasi petani, dan perlindungan serta pemulihan alam. Untuk mewujudkan keberhasilan program, dilakukan kolaborasi dengan berbagai lembaga sertifikasi, agri inputs, perlindungan anak, aliansi e-trade, akses finansial, pembayaran digital, dan lainnya.

Green lifestyle dapat dilakukan oleh siapa saja untuk mendukung sustainability. Mulai dari konsumen, dengan membeli produk yang sustainable dengan melihat logo sertifikasi pada produk hingga bisnis dengan tetap menjalankan do good dan do well.

Share article

Tags

Hana Ghaliyah