Mengemas Komitmen & Inovasi CSR Berkelanjutan


Masalah edukasi tentang corporate social responsibility (CSR) tidak hanya menjadi tanggung jawab perusahaan tetapi keseluruhan pihak. Komitmen atas peran ini yang menjadi tema utama dalam Webinar Nasional CSR Outlook 2021. Total ada delapan pembicara yang dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama yang dimoderatori oleh Dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, Ade Irma Susanty, mengundang dua pembicara untuk dapat membahas tentang inovasi program CSR.

Pembicara pertama adalah President Director & Chief Executive Officer Badak LNG, Gema Iriandus Pahalawan, dengan judul topik bahasan Menciptakan Dukungan Sosial dari Stakeholder melalui Program Community Development. Dilanjutkan dengan narasumber kedua, Executive Director of CECT Trisakti University, Maria R. Nindita Radyati Mengukur Dampak Implementasi Program CSR. Webinar yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari berbagai institusi ini menyajikan analisis komprehensif program CSR yang diinisiasi oleh berbagai perusahaan melalui dua sudut pandang utama yakni stakeholder engagement dan komunikasi CSR. Dua hal tersebut secara general juga dibahas dalam sesi dua yang dimoderatori oleh Ketua Tim Peneliti CSR Outlook 2021 sekaligus Dosen Prodi Digital Public Relations Telkom University, Choiria Anggraini. Pada sesi kedua ini narasumber yang menyampaikan bahasan tentang penguatan potensi lokal dalam program CSR adalah Donny Gunawan, Manager TJSL PT Len Industri (Persero).

Berikutnya, bahasan dilanjutkan dalam konteks program-program social responsibility yang diinisiasi oleh perguruan tinggi. Pada sesi ini ada dua hal yang disorot adalah penguatan potensi lokal dan peningkatan yang berkelanjutan. Terakhir pada sesi ketiga topik bahasan mengarah pada justifikasi perancangan program komunikasi CSR. Sesi ketiga ini dipandu langsung oleh, Iis Kurnia Nurhayati, Direktur Pasca Sarjana Dan Advance Learning. Pembahasan pertama tentang Adaptasi Program Komunikasi CSR SiCepat selama Pandemi Covid-19 yang dibahas oleh Wiwin Dewi Herawati, Chief Marketing Officer PT SiCepat. Pembahasan berikutnya disusul oleh Irfan Junaidi, Pemimpin Redaksi Republika Urgensi Komunikasi dalam Program CSR untuk meletakkan pentingnya perancangan dan penyusunan strategi komunikasi CSR melalui media secara berkala dan berlanjut. Penyampaian bahasan terakhir di ulas oleh Iyuk Wahyudi, Sekretaris Jenderal Forum CSR Kesejahteraan Sosial Nasional Kolaborasi Multi Stakeholder dalam Implementasi Program Komunikasi CSR.

Webinar ini disusun dengan mempertimbangan kebutuhan dan urgensi poin-poin keterlibatan stakeholder dalam program-program CSR yang diinisiasi oleh perusahaan. “Webinar ini kita buat untuk memotret secara utuh tentang cara perusahaan dalam melibatkan stakeholder dalam setiap aktivitas terkait untuk mendapatkan dukungan dari perusahaan. Tahun depan kita akan buat lagi webinar dan riset serupa untuk dapat melihat bentuk-bentuk adaptasi lain dalam program CSR perusahaan”, penutup dari CEO Olahkarsa, Unggul Ananta.

Share article

Tags

Impactholic.com