Previous Post
Sabtu, 19 Februari 2022 - Telah dilaksanakan
webinar CSR Stories oleh Olahkarsa yang mengusung tema “Empowering Digital
Society” terkait Program TJSL BUMN. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi
wadah diskusi dan mengetahui lebih lanjut berbagai inisiatif program TJSL BUMN
dalam mendukung ISO 26000 dan Sustainable Development Goals. Narasumber pertama dihadirkan dari Pegiat Pemberdayaan
Masyarakat, yaitu Bapak Teddy Poernama, selaku Koordinator TJSL BUMN yang
menjelaskan tentang kunci dari porgam TJSL. Pertama, penentuan stakeholder
dan social mapping merupakan langkah krusial sehingga diperlukan
persiapan yang strategis sebelum program TJSL dijalankan. Kedua, program TJSL
sebaiknya tidak hanya berhenti pada proses implementasi tanpa adanya proses
berkelanjutan. Maka, diperlukan monitoring sebagai bahan melakukan
evaluasi. Ketiga, pemaparan terkait dengan proses komunikasi yang juga cukup
penting demi kelancaran program TJSL.
Dalam penjelasannya, Bapak Teddy Poernama juga
menguraikan tentang Creating Shared Value yakni, “Menciptakan nilai
bersama dengan mengatasi tantangan sosial sebagai bagian dari strategi inti
perusahaan untuk mencapai kapitalisasi pasar yang lebih tinggi dan keunggulan
kompetitif yang bertahan lama”. Selanjutnya,
dihadirkan juga pemaparan materi dari Bapak Suharsono, Senior Manajer
Pemberdayaan Sosial & Lingkungan PT Telkom Indonesia, Tbk. Diuraikan
berbagai program TJSL oleh PT Telkom Indonesia, Tbk. yang mencakup 4 pilar
TJSL. Program yang diciptakan tidak hanya bertujuan untuk memberikan kontribusi
kepada masyarakat dan lingkungan, namun tentunya sesuai dengan core business
PT Telkom Indonesia yang berbasis digital.
Agenda dilanjutkan dengan penjelasan terkait Community
Empowerment dari narasumber ketiga, Bapak Sarjiyanto, SE., MBA., Ph.D. yang
merupakan Dosen Universitas Sebelas Maret. Community dalam hal ini
merupakan sekelompok orang yang memiliki tujuan sama dan terorganisir. Sehingga
diharapkan dapat menjadi strategi dalam mendukung kerjasama program TJSL. Perusahaan perlu menyusun program TJSL dengan tujuan
yang jelas serta terstruktur. Sehingga diharapkan bahwa program ini dapat
memberikan dampak positif pada seluruh stakeholder baik internal maupun
eksternal.
Kegiatan CSR Stories oleh Olahkarsa yang dihadiri oleh
100 audiens ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh audiens yang berasal
dari berbagai kalangan, mulai dari komunitas, akademisi, pelaku NGO, dan
lain sebagainya kepada narasumber. Kegiatan CSR Stories dari Olakarsa ini pada
nantinya akan menjadi event berkelanjutan yang menyajikan perjalanan dan kegiatan
TJSL BUMN.
— Tentang Olahkarsa PT Olahkarsa Inovasi Indonesia atau yang kemudian
disebut Olahkarsa merupakan sebuah perusahaan yang memiliki visi menciptakan
inovasi dalam Coporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong terciptanya
praktik bisnis yang berkelanjutan. Olahkarsa menyediakan layanan end-to-end
dalam manajemen CSR, mulai dari riset & pengembangan, implementasi,
pengukuran dampak, dan men-design strategi komunikasi dimana semua hal
tersebut terintegrasi dalam Social Responsibility Application (SR APP) Olahkarsa juga secara resmi telah bergabung dalam
Social Value Internasional (SVI). Social Value Internasional merupakan sebuah
jaringan global yang berfokus pada dampak sosial dan nilai sosial yang memiliki
jaringan lebih dari 45 negara dari berbagai disiplin & sektor. (olahkarsa.com)