Olahkarsa Gelar CSR Stories dengan Tema Empowering Digital Society


Sabtu, 19 Februari 2022 - Telah dilaksanakan webinar CSR Stories oleh Olahkarsa yang mengusung tema “Empowering Digital Society” terkait Program TJSL BUMN. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi dan mengetahui lebih lanjut berbagai inisiatif program TJSL BUMN dalam mendukung ISO 26000 dan Sustainable Development Goals


Narasumber pertama dihadirkan dari Pegiat Pemberdayaan Masyarakat, yaitu Bapak Teddy Poernama, selaku Koordinator TJSL BUMN yang menjelaskan tentang kunci dari porgam TJSL. Pertama, penentuan stakeholder dan social mapping merupakan langkah krusial sehingga diperlukan persiapan yang strategis sebelum program TJSL dijalankan. Kedua, program TJSL sebaiknya tidak hanya berhenti pada proses implementasi tanpa adanya proses berkelanjutan. Maka, diperlukan monitoring sebagai bahan melakukan evaluasi. Ketiga, pemaparan terkait dengan proses komunikasi yang juga cukup penting demi kelancaran program TJSL. 




Dalam penjelasannya, Bapak Teddy Poernama juga menguraikan tentang Creating Shared Value yakni, “Menciptakan nilai bersama dengan mengatasi tantangan sosial sebagai bagian dari strategi inti perusahaan untuk mencapai kapitalisasi pasar yang lebih tinggi dan keunggulan kompetitif yang bertahan lama”.


Selanjutnya, dihadirkan juga pemaparan materi dari Bapak Suharsono, Senior Manajer Pemberdayaan Sosial & Lingkungan PT Telkom Indonesia, Tbk. Diuraikan berbagai program TJSL oleh PT Telkom Indonesia, Tbk. yang mencakup 4 pilar TJSL. Program yang diciptakan tidak hanya bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan, namun tentunya sesuai dengan core business PT Telkom Indonesia yang berbasis digital.




Agenda dilanjutkan dengan penjelasan terkait Community Empowerment dari narasumber ketiga, Bapak Sarjiyanto, SE., MBA., Ph.D. yang merupakan Dosen Universitas Sebelas Maret. Community dalam hal ini merupakan sekelompok orang yang memiliki tujuan sama dan terorganisir. Sehingga diharapkan dapat menjadi strategi dalam mendukung kerjasama program TJSL.


Perusahaan perlu menyusun program TJSL dengan tujuan yang jelas serta terstruktur. Sehingga diharapkan bahwa program ini dapat memberikan dampak positif pada seluruh stakeholder baik internal maupun eksternal. 




Kegiatan CSR Stories oleh Olahkarsa yang dihadiri oleh 100 audiens ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh audiens yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari  komunitas, akademisi, pelaku NGO, dan lain sebagainya kepada narasumber. Kegiatan CSR Stories dari Olakarsa ini pada nantinya akan menjadi event berkelanjutan yang menyajikan perjalanan dan kegiatan TJSL BUMN. 


Tentang Olahkarsa


PT Olahkarsa Inovasi Indonesia atau yang kemudian disebut Olahkarsa merupakan sebuah perusahaan yang memiliki visi menciptakan inovasi dalam Coporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong terciptanya praktik bisnis yang berkelanjutan. Olahkarsa menyediakan layanan end-to-end dalam manajemen CSR, mulai dari riset & pengembangan, implementasi, pengukuran dampak, dan men-design strategi komunikasi dimana semua hal tersebut terintegrasi dalam Social Responsibility Application (SR APP)


Olahkarsa juga secara resmi telah bergabung dalam Social Value Internasional (SVI). Social Value Internasional merupakan sebuah jaringan global yang berfokus pada dampak sosial dan nilai sosial yang memiliki jaringan lebih dari 45 negara dari berbagai disiplin & sektor. (olahkarsa.com)


Share article

Tags

Diaz