Menjadi Berdaya dengan Program Kredawala, CSR Pertamina DPPU Sepinggan


Kreasi Berdaya Warga Lapas (Kredawala) merupakan program tanggung jawab sosial dari PT Pertamina (Persero) MOR VI DPPU Sepinggan Group yang berfokus pada upaya pemberdayaan warga lapas atau biasa dikenal dengan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas II A Balikpapan. Program ini dirancang untuk meningkatkan ketrampilan WBP dengan memanfaatkan permasalahan sampah dan bertujuan agar ketika WBP kembali ke masyarakat, dapat mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Program yang dimulai sejak Mei 2019 ini, melihat permasalahan utama banyaknya sampah harian di Lapas yang belum terpilah, stigma negatif masyarakat terhadap WBP, dan WBP tidak memiliki sumber penghasilan. Oleh karena itu, terdapat inovasi kegiatan yang dilaksanakan untuk mengelola sampah berupa pembuatan kompos, pemanfaatan sampah menjadi arang, dan daur ulang ban. Selain itu, terdapat juga inovasi kegiatan untuk meningkatkan kapasitas warga binaan, seperti pembuatan kerajinan kayu, daur ulang kertas menjadi kerajinan tas, vas bunga, dan bingkai foto, serta kegiatan otomotif melalui bengkel roda dua Enduro Express.

Pelatihan Pembuatan Kerajinan – Foto: Pertamina DPPU Sepinggan

Keberhasilan pelaksanaan program ini tidak terlepas dari partisipasi aktif seluruh pihak, terutama para warga binaan. Ketika para WBP memiliki semangat untuk bangkit, program pun dapat berjalan. Selain itu, ketersediaan fasilitas, sarana dan prasarana, serta potensi yang ada menjadi pendukung keberhasilan program ini. Misalnya, sampah yang dapat menjadi potensi jika dikelola dengan baik, seperti limbah kertas dari PT Pertamina yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan.

Program ini dijalankan dan mencerminkan target SDGs nomor 10 yaitu berkurangnya kesenjangan dan nomor 17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan.

Sumber:

Pemberdayaan Melalui Sehati dan Kredawala

Share article

Tags

Hana Ghaliyah