Multistakeholder Partnership dalam Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS)


Olahkarsa menggelar webinar dengan tema Multistakeholder Partnership dalam Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) pada Sabtu, 26 Februari 2022. Webinar yang dilaksanakan secara online ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi antara narasumber dengan audiens, serta berbagi cerita kegiatan mentoring Program Kewirausahaan Sosial di Kabupaten Indramayu. 

 

Bapak Edi Suharto, selaku Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dari Kementerian Sosial menjelaskan pentingnya terbentuk sinergi antar pemangku kepentingan. Program Kewirausahaan Sosial ini akan berjalan dengan baik jika ada kolaborasi antara stakeholder, misalnya dari Pemerintah Daerah, pengusaha lokal, masyarakat, hingga mentor. Tujuannya tentu untuk memaksimalkan peran masing-masing pihak agar bisa memberikan dampak yang nyata pada program yang dijalankan. Karena tujuan dari pendampingan Program Kewirausahaan Sosial (ProKUS) itu nantinya adalah menciptakan masyarakat yang lebih produktif.



 

Webinar ini juga menghadirkan narasumber Ibu Wiwin Dewi Herawati, yang merupakan Chief Marketing and Corporate Communication Officer SiCepat Express. Dijelakan apa saja dukungan yang dilakukan oleh SiCepat untuk mendukung UMKM di Indonesia dalam menerapkan digitalisasi. Layanan ini dibantu oleh Logistic Partner seperti Haistar, Hera, Clodeo, CKL, LDN, dan Digiresto untuk memberikan layanan yang dapat mempermudah UMKM menjalankan bisnisnya. Selain itu, SiCepat juga berkontribusi memberikan modal usaha dan bantuan alat produksi dalam kegiatan Pendampingan Program Kewirausahaan Sosial di Indramayu.


 

 

Narasumber dari Olahkarsa, Unggul Ananta, menguraikan bahwa diperlukan kolaborasi dari berbagai stakeholder untuk mewujudkan Program Kewirausahaan Sosial secara maksimal. Sehingga, kekuatan yang didapatkan bisa menopang movement dari Program Kewirausahaan Sosial. Diharapkan bahwa program tersebut tidak hanya menciptakan social value dengan melibatkan partisipasi masyarakat, namun juga sebagai dorongan motivasi untuk melakukan inovasi yang selanjutnya. Sehingga kegiatan Program Kewirausahaan Sosial tidak hanya akan berdampak pada kemajuan ekonomi, namun juga sosial, lingkungan, serta aspek lain yang berkesinambungan.



 

Webinar ProKUS juga menghadirkan narasumber dari salah satu mentor yang sekaligus Direktur PT Harum Bina Wisata yaitu, Bapak Rizki Amali. Sebagai mentor, beliau menceritakan pengalaman kegiatan pendampingan Program Kewirausahaan Sosial di Kabupaten Indramayu. Proses dimulai dari penentuan masalah dan pencarian potensi terkait kemungkinan program yang bisa dijalankan. Selanjutnya dilakukan treatment atau pendampingan secara rutin minimal satu pekan sekali sekitar 3 jam pada masyarakat setempat di Kabupaten Indramayu. 



 

Webinar mendapatkan respons yang positif serta semangat dari audiens dengan dibukanya ruang diskusi bersama dengan narasumber. Audiens aktif bertanya terkait dengan pendampingan mulai dari cara mendapatkan pendampingan hingga ingin menawarkan kerjasama.

 

Diharapkan, semangat dari pelaksanaan Program Kewirausahaan Sosial ini juga ikut menyebar ke berbagai pihak. Sehingga akan ada lebih banyak aksi nyata di luar sana yang berdampak baik bagi masyarakat.




Tentang Olahkarsa


PT Olahkarsa Inovasi Indonesia atau yang kemudian disebut Olahkarsa merupakan sebuah perusahaan yang memiliki visi menciptakan inovasi dalam Coporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong terciptanya praktik bisnis yang berkelanjutan. Olahkarsa menyediakan layanan end-to-end dalam manajemen CSR, mulai dari riset & pengembangan, implementasi, pengukuran dampak, dan men-design strategi komunikasi dimana semua hal tersebut terintegrasi dalam Social Responsibility Application (SR APP)


Olahkarsa juga secara resmi telah bergabung dalam Social Value Internasional (SVI). Social Value Internasional merupakan sebuah jaringan global yang berfokus pada dampak sosial dan nilai sosial yang memiliki jaringan lebih dari 45 negara dari berbagai disiplin & sektor. (olahkarsa.com)



 

Share article

Tags

Diaz