Rahasia Badak LNG Raih PROPER Emas dalam Satu Dekade


Badak LNG merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pencairan gas alam yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur. Perusahaan mengolah gas alam dari gas menjadi cair supaya volumenya dapat dimampatkan 1/600 kali agar lebih efisien dalam proses pengiriman. Badak LNG berdiri tahun 1974 dan mulai beroperasi pada tahun 1977.

Sejak awal berdiri hingga sekarang, Badak LNG berupaya agar kilang yang beroperasi dapat memproduksi LNG secara aman, berkualitas, dan memenuhi jadwal yang ditentukan. Sejalan dengan konsep triple bottom line, Badak LNG juga memiliki komitmen pada pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat melalui program-program CSRnya.


Sejarah CSR Badak LNG

Sebelum berdirinya kilang Badak LNG, wilayah Bontang masih tergolong sepi dan minim penduduk. Pembangunan kilang secara bertahap, diiringi juga dengan pembangunan beberapa infrastruktur oleh Badak LNG seperti jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya. Di masa-masa awal beroperasi, Badak LNG juga masih memfokuskan CSR pada kegiatan yang bersifat charity.

Seiring dengan perkembangan di Kota Bontang, kegiatan CSR yang dilakukan oleh Badak LNG mulai berfokus pada capacity building dan community empowerment yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan konsep PROPER yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. PROPER mendorong perusahaan-perusahaan untuk aktif mengembangkan kapasitas dan memberdayakan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat kelak dapat mencapai kemandirian secara ekonomi maupun sosial. Dengan berbagai program CSR yang berkelanjutan inilah, Badak LNG dapat mempertahankan pencapaian PROPER Emas selama satu dekade sejak tahun 2011.


Saung Pandu

Usaha Unggulan Pertanian Terpadu atau Saung Pandu mempunyai konsep integrated eco-farming system. Program ini diinisiasi oleh Badak LNG yang bersinergi dengan kelompok masyarakat untuk memanfaatkan olahan air limbah domestik dari perusahaan. Lokasi program Saung Pandu berbatasan langsung dengan perusahaan yaitu di Kelurahan Berbas Tengah.

Kegiatan yang ada di Saung Pandu yaitu budidaya ikan, aquaponic, budidaya maggot, green house untuk kegiatan pertanian, dan mikro hidro serta panel surya untuk memenuhi kebutuhan energi di Saung Pandu. Program ini baru berjalan di tahun 2020, tetapi sudah diusulkan menjadi salah satu Kampung Tangguh Nusantara yang ada di Bontang.


Bontang Kuala Ecotourism

Bontang Kuala Ecotourism merupakan program wisata yang ada di Kota Bontang. Salah satu wisata yang ditawarkan yaitu susur sungai Belanda. Sebelum adanya program Bontang Kuala Ecotourism, tanaman bakau yang berada di sepanjang sungai Belanda tidak terlalu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Badak LNG bersama dengan kelompok pemuda bernama Maskapei (Masyarakat Kreatif Pesisir) menginisiasi adanya pemanfaatan sungai untuk menghasilkan tambahan ekonomi dengan tetap menjaga kelestarian sungai.

Sejak program berjalan di tahun 2016, banyak wisatawan yang datang baik dari Kota Bontang maupun luar kota untuk menikmati keindahan alam pesisir Kota Bontang. Atraksi wisata yang ditawarkan antara lain yaitu susur sungai dengan perahu, wisata sepeda, snorkeling, serta floating homestay.


Selangan City

Selangan City adalah kampung terapung di atas laut yang berlokasi di tengah perairan Bontang. Badak LNG bersama tokoh pemuda mencoba mengembangkan wilayah  Selangan sebagai potensi wisata. Wisata yang terkenal yaitu kuliner ikan bakar, snorkeling, homestay, dan wisata kayak

Sejak tahun 2018, Selangan City mulai dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bontang yang menawarkan keindahan laut untuk menarik wisatawan. Perkampungan nelayan yang asri dan bersih menambah daya tarik kampung ini.


Kampung Masdarling

Kampung Masdarling atau Masyarakat Sadar Lingkungan memiliki konsep kampung wisata berbasis lingkungan pertama di Kota Bontang. Badak LNG bersama masyarakat menata area menjadi tujuan wisata dengan tetap mengedepankan  isu-isu lingkungan. Masdarling dibagi menjadi 6 wilayah yaitu:

  • Kampung Asri
  • Kampung Main
  • Kampung Jajan
  • Kampung Oleh-oleh
  • Kampung Sehat
  • Kampung Narsis
Sumber: Dokumentasi Badak LNG

Program-program CSR tersebut mengantar Badak LNG meraih PROPER Kategori Emas kesepuluh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2011. Komitmen dan konsistensi Badak LNG bersama masyarakat dalam beradaptasi mempertahankan keberlanjutan membuahkan hasil yang manis. Hal tersebut merupakan sebuah amanah bagi Badak LNG untuk melanjutkan kontribusinya di bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Yuli Gunawan (Senior Manager Corporate Communication Departement Badak LNG) menyampaikan dalam CSR Stories bahwa PROPER emas yang didapat merupakan salah satu hal yang mendorong Badak LNG bertransformasi dalam mengedepankan pemberdayaan masyarakat agar lebih bermanfaat dan mempunyai dampak positif dan pada akhirnya mampu mewujudkan cita-cita Badak LNG untuk Maju Bersama Masyarakat.

Share article

Tags

Impactholic.com