Saung Pandu bawa Badak LNG Meraih Penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards 2021


Badak LNG kembali raih penghargaan di ajang bergengsi internasional tingkat Asia, yaitu Asia Responsible Enterprise Awards (AREA). Penghargaan ini diumumkan secara virtual pada Kamis, 2 September 2021 dan menjadi penghargaan ke-4 untuk Badak LNG sejak 2018.

Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) merupakan salah satu program dari Enterprise Asia atau sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja sama dengan pemerintah, LSM, dan organisasi lain untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan, sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.



Tahun ini, Badak LNG mendapatkan penghargaan dalam kategori Social Empowerment untuk salah satu program CSR-nya, Saung Pandu. Saung Pandu merupakan mitra binaan Badak LNG yang menerapkan konsep Integrated Farming System (Pertanian Terpadu). Saung Pandu memanfaatkan air kolam ikan untuk dialirkan pada tanaman sayur organik yang kemudian hasilnya diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya kawasan Berbas Tengah Bontang.


Saung Pandu (Usaha Unggulan Pertanian Terpadu) merupakan program Community Development yang diinisiasi oleh Badak LNG bersinergi dengan kelompok masyarakat yang berlokasi di Kelurahan Berebas Tengah. Program ini menitikberatkan pada sektor pertanian terpadu, dimana memadupadukan tiga macam kegiatan pertanian, perikanan serta peternakan sebagai komoditasnya. Apabila berkunjung ke Saung Pandu, pengunjung akan mendapati berbagai macam produk pertanian dan perikanan yang dikembangkan melalui sistem organik.

Berbagai macam produk sayuran diantaranya pakcoy, buncis, kangkung, terong, cabai rawit, timun, tomat, dan kemangi. Pada kegiatan perikanan, terdapat dua jenis ikan air tawar yang tersedia yaitu ikan lele dan ikan patin. Produk sayuran dan ikan tersebut telah dikembangkan melalui sistem organik yang tentunya terjamin kesegarannya serta tidak mengandung bahan pengawet karena selama pemeliharaannya tidak menggunakan bahan kimia. Untuk harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau karena produk didapar secara lansung dari petaninya.


Share article

Tags

Impactholic.com