Visitasi dan Koordinasi Olahkarsa dengan Pertamina EP Cepu Regional 4 - Zona 12 JTB


PT Olahkarsa Inovasi Indonesia menerima kunjungan dari PT Pertamina EP Cepu Regional 4 - Zona 12 JTB di Hotel Grand Mercure, Bandung, pada Selasa (29/03/2022). Kegiatan juga dilaksanakan secara hybrid melalui Virtual Zoom Meeting bersama dengan jajaran staf yang lainnya. 

PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Regional 4 Zona 12 merupakan anak perusahaan hulu di bidang minyak dan gas PT Pertamina Persero. Wilayah kerjanya dibagi ke dalam 4 regional diantaranya, Cepu, Banyuurip, Jambaran Tiung Biru, dan Bojonegoro. 

Dalam pelaksanaan kerjanya, PEPC telah berkontribusi dalam penyediaan minyak sebanyak 15% dari Project Nasional melalui Banyuurip Project. PEPC melibatkan sebanyak 5.389 tenaga kerja baik lokal maupun non-lokal di regional Bojonegoro. Selain Itu, aktivitas dan penyerapan tenaga kerja PEPC juga turut menyumbang sebanyak 5% pendapatan di Kabupaten Bojonegoro. 

PT Pertamina EP Cepu Regional 4 Zona 12 telah melakukan serangkaian Program Pengembangan Masyarakat yang terangkum dalam CSR Perusahaan. Pada proses pelaksanaannya, PEPC ikut  terlibat dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) bersama dengan Pemerintah Daerah setempat untuk menggali potensi yang dapat dikembangkan. Program CSR yang dibuat nantinya akan berperan dalam menciptakan suatu dampak untuk membantu pertumbuhan ekonomi dan sosial di wilayah yang bersangkutan. 

Pada tahun 2021, PEPC melalui Milestone Program melakukan penanaman pohon kelengkeng yang hingga saat ini telah ada lebih dari 3% pohon sudah berbuah. Selain itu juga ada program budidaya ayam petelur yang merupakan hasil koordinasi PEPC bersama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dalam upaya pencapaian implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), diluncurkan program SEHATI untuk menjaga kesehatan Ibu dan Anak. 

Dalam proses penjagaan lingkungan, dilakukan peningkatan infrastruktur dan penyediaan air bersih. Kemudian juga dibuat pengelolaan sampah domestik melalui biokonversi sampah organik. Program ini dilakukan bersama dengan jajaran masyarakat untuk membangun sikap yang aktif serta membentuk kebiasaan baik pengelolaan sampah. 

Pada tahun 2022, PEPC akan terus berupaya dalam menjalankan social responsibility dengan menyelesaikan berbagai isu yang berkembang di wilayah terkait. Akan dilakukan pemetaan sosial lebih lanjut sehingga ada lebih banyak potensi yang dapat diangkat dalam rangka menciptakan dampak yang semakin luas. 

Share article

Tags

sbmedia.id